Jenis-Jenis Ayam Buras Petelur

Published 17/12/2018 Tags: , ,


Situs Agen Sabung Ayam Online – Ayam petelur merupakan salah satu jenis ayam yang dapat dibudidayakan. Pada umumnya, jenis ayam petelur dibagi dalam kelompok ayam ras petelur dan ayam buras petelur. Untuk ayam jenis ras merupakan ayam petelur yang didapatkan dari rekayasa genetika. Sedangkan untuk ayam buras merupakan ayam petelur alami yang di dalamnya tidak terdapat campur tangan manusia untuk menjadikan ayam petelur.

Jenis Ayam Buras Petelur

Ayam buras merupakan ayam yang mampu bertelur secara alamiah. Sehingga dalam prosesnya tidak terdapat campur tangan manusia dalam hal rekayasa genetik ataupun penyuntikan untuk mendapatkan telur. Ayam buras dapat memproduksi telur dengan keakuratan sekitaran 25%. Ayam ini dapat dihasilkan dari persilangan dalam perkawinan dengan jenis ayam lainnya, sehingga terdapat beragam jenis ayam buras.

Ayam Petelur Kampung

Ayam kampung merupakan salah satu ayam yang sudah lama dikembangkan di Indonesia. Ayam jenis ini mempunyai tingkat produktivitas sekitar 30%. Untuk menghasilkan regenerasi ayam baru, setelah bertelur ayam kampung akan mengerami telur selama 21 hari. Akan tetapi, untuk dijadikan suatu bisnis ternak, ayam petelur kampung tidak direkomendasikan karena telur yang dihasilkan cenderung sedikit. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk bertelur juga lumayan lama. Hal ini karena setelah bertelur ayam petelur kampung asli biasanya akan mengerami telur mereka. Jika tidak, untuk bertelur lagi memerlukan waktu jeda sekitaran seminggu atau bahkan lebih.

Ayam Petelur Kedu

Ayam petelur kedu merupakan ayam yang banyak ditemukan di daerah Temanggung, Jawa Tengah. Ayam jenis ini dapat menghasilkan telur sekitar 140-an buah per tahun. Apabila dilakukan perawatan khusus pada ayam jenis ini, dengan menempatkan ayam tersebut pada kandang berbaterai, pemberian pakan yang sesuai dan pemberian asupan vitamin juga dapat meningkatkan hasil telur yang diperoleh. Hal lainya yang menjadi kelebihan dari ayam ini yaitu dapat mudah menyesuaikan diri terhadap lingkungan dengan cepat. Sehingga mempermudah perawatan jenis ayam ini.

Ayam Petelur Arab

Jenis ayam petelur yang satunya juga merupakan jenis ayam petelur yang dapat dibudidayakan dalam bidang peternakan ayam petelur. Hal ini dikarenakan ayam petelur arab mempunyai tingkat produktivitas yang cukup tinggi. Bahkan dalam beberapa argumen dapat dikatakan bahwa produktivitas ayam petelur arab hampir sama dengan ayam ras.

Ayam petelur arab dapat menghasilkan telur hingga 300 butir dalam setiap tahunnya. Sehingga ayam jenis ini sangat bagus untuk diberdayakan dalam usaha dengan tingkat sasaran peternakan besar ataupun secara rumahan. Hal yang dapat menjadi pertimbangan untuk memulai memberdayakan ayam petelur arab yaitu ayam jenis ini didapatkan tanpa melalui rekayasa genetika. Sehingga telur yang dihasilkan tentunya mempunyai kandungan yang lebih lengkap dan baik daripada ayam petelur ras.